177 Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi NTB Jalani Test Psikologi

Mataram- BAWASLU NTB.Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar tes psikologi bagi 177 calon anggota Bawaslu kab/kota  yang lolos seleksi administrasi dan telah menjalani tes tertulis CAT  di Pusat Informasi dan Komputer (PUSTIK) Universitas Mataram, pada Sabtu (21/07/18). Pelaksanaan tes psikologi bagi calon anggota Bawaslu ini berlangsung di Hotel Puri Indah pada 23-25 Juli 2018. Tes psikologi ini merupakan kerjasama antara Bawaslu dan Polda NTB yang melibatkan 8 orang ahli di bidang psikologi dari Himpsi NTB.

 

Ketua tim seleksi  zona II, Dr. Kaharudin, SH. MH, mengatakan, tes psikologi tersebut dilaksanakan oleh tim dari Mabes Polri. “ Jumlah seluruh pendaftar mencapai 242 orang, terdiri dari 212 pendaftar umum dan 30 orang eksisting. CAT ini dilaksanakan hari Sabtu kemarin,” ujarnya.

 

Sebagai penyelenggara tes psikologi tersebut, pihak panitia tim seleksi khususnya dari Polda NTB. Tidak memiliki kewenangan dalam menambah ataupun mengurangi nilai yang di dapatkan para peserta. “Kami bekerjasama dengan para ahli di bidang psikologi, sehingga di dalam pola seleksi ini, nilai yang didapatkan peserta adalah murni tidak ada penambahan dan pengurangan,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Kepala Biro SDM Polda NTB Kombes Pol Eka hidayat yang mewakili Kapolda NTB menyampaikan apresiasinya kepada Bawaslu NTB yang mempercayakan Polri ikut ambil bagian dalam penerimaan calon anggota Bawaslu kab/kota tersebut.  “Kami sangat mengapresiasi pihak Bawaslu yang memberikan kepercayaan kepada Polri untuk ikut andil dalam pemilihan calon anggota bawaslu kab/kota di NTB.  Ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Kami harap peserta yang lolos seleksi dapat mengemban amanah sebagai pengawas kegiatan pelaksanaan pemilu bisa melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya,” tuturnya.

 

Selanjutnya bagi peserta yang lulus test Psikologi, akan melaksankan tahapan seleksi berikutnya yaitu tes kesehatan bekerja sama dengan Polda NTB melalui Kabid Biddokes Polda NTB.

 

Rangkaian tes lain yang akan dilaksanakan adalah tes wawancara. Dimana pelaksanaan tes tersebut akan menilai kompetensi masing- masing calon anggota. Sekitar 7 kompetensi akan menjadi penilaian dari panitia seleksi.  Hasil seleksi dan pengumunan akan dilakukan oleh Bawaslu Pusat.

“Kita berupaya maksimal dan se- objectiv mungkin dalam melakukan proses penilaian dan tahapan seleksi,” tegasnya.(A.h)

 

Dipublikasikan › 27-07-2018 | Dibaca › 486 kali

Komentar