Bawaslu NTB Resmi Gelar Rakor Sentra Gakkumdu 2018

Lombok Barat- Bawaslu NTB. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Barat resmi menggelar rapat koordinasi sentra pelayanan hukum terpadu (Gakkumdu ) Provinsi NTB, pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, pada 29 hingga 31 Januari 2018 kemarin. Bertempat di Hotel Aruna Senggigi Kabupaten Lombok Barat.

 

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda NTB, Kajati se NTB, Kapolres se NTB, Panwas se Kabupaten/kota, Partai Politik, dan Media Massa baik Cetak maupun Elektronik.

 

" Rapat koordinasi ini merupakan langkah strategis meningkatkan jalinan komunikasi dan sinergitas dalam mewujudkan persamaan persepsi antara semua unsur Gakkumdu terhadap penanganan tindak pidana pemilu tahun 2018 - 2019 ", Ungkap Ketua Bawaslu NTB Khuwailid saat membuka kegiatan Rakor.

 

Unsur Sentra Gakkumdu yang beranggotakan kepolisian daerah NTB, Kejaksaan Tinggi Negeri, dan Bawaslu NTb untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, aman dan damai.

 

Berdasarkan data hasil evaluasi sentra Gakkumdu baik dalam pelaksanaan pemilu legislatif maupun pemilihan Presiden Tahun 2014. Laporan tindak pidana yang masuk sebanyak 59 laporan, laporan tidak diteruskan sebanyak 59 laporan, semntara pemilu Presiden 11 laporan.

Tahun 2015, ada 24 laporan, dengan jenis pelanggaran berupa kampanye diluar ketentuan, pengrusakan alat peraga kampanye, dan pencoblosan dua kali.

 

Kedepannya, kegiatan sentra Gakkumdu ini bisa menjadi agenda tahunan Bawaslu NTB, sebagai upaya dalam menyongsong gelaran pilkada yang demokratis dan berkualitas.(Bon/mit)

Dipublikasikan › 01-02-2018 | Dibaca › 308 kali

Komentar