Bawaslu NTB: Utamakan Pencegahan Dalam Pengawasan

LOMBOK TENGAH, Bawaslu NTB—Dalam menjalankan pengawasan, panitia pengawas pemilu (Panwaslu) menggunakan dua strategi, yaitu pencegahan dan penindakan. Namun, pencegahan harus diutamakan untuk meminimalisir pendindakan pelanggaran pemilu.

Hal tersebut dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB Muhammad Khuwailid dalam acara pelantikan anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Lombok Tengah, di Hotel D’Max, Lombok Tengah, Sabtu (4/11/2017).

“Dalam mengawal proses Pemilihan, Panwaslu Kecamatan harus maksimal dalam pencegahan. Kami berharap, semakin aktif melakukan pencegahan, semakin sedikit pelanggaran yang harus ditindak,” katanya.

Karena itu, lanjut Khuwailid, Panwascam harus benar-benar faham tentang pengawasan pemilu, karena kualitas pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang sangat ditentukan oleh kualitas kerja dari panitia pengawas pemilihan.

Khuwailid berharap, dengan memiliki peran penting tersebut, Panwaslu harus menjaga netralitas dan profesionalismenya.

“Menjadi Panwaslu ini adalah suatu bentuk pemberian tanggungjawab oleh negara. Karena itu harus bersikap netral dan profesional,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Lombok Tengah Abdul Hanan dalam sambutannya.

“Saya berharap para anggota Panwascam menjadi panitia pengawas yang amanah, bekerja dengan profesioanl dan bertanggungjawab,” tegas Abdul Hanan.

Acara pelantikan Panwascam tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Lombok Tengah H. Achmad Puaddi FT. Dalam sambutannya, Achmad Puaddi mengakui tugas Panwascam merupakan tugas yang berat.

“Namun, panwascam harus menjaga netralitasnya dalam menjalankan tugas. Kami juga berharap Bawaslu terus aktif mensosialisasikan tugas pengawas pemilu kepada masyarakat,” katanya.

Acara tersebut dihadiri para tamu undangan dari unsur KPUD Lombok Tengah, Camat se Kabupaten Lombok Tengah, Kodim 162, Kepolisian, dan unsur lainnya. Pasca pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan bagi anggota Panwascam se-Kabupaten Lombok Tengah di tempat yang sama.


Penulis: L. Fauzan Hadi & Zakaria
Foto: Zakaria
Dipublikasikan › 24-11-2017 | Dibaca › 72 kali

Komentar