Bawaslu RI: Saksi Parpol Akan Dididik oleh Bawaslu

MATARAM, Bawaslu NTB—Untuk menjaga kualitas pemilu, Bawaslu RI menjalankan berbagai program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas masyarakat. Salah satunya akan memberikan pendidikan dan latihan bagi para saksi partai politik.

Hal tersebut diungkapkan Divisi Hukum Bawaslu RI Fritz Edward Siregar saat memberikan materi pada acara Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat Pada Pilkada Serentak 2018 di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (24/10/2017).

“Saksi parpol akan dididik dan dilatih oleh Bawaslu dengan biaya dari Bawaslu. Ini sudah jelas dalam UU No 7 Tahun 2017,” ungkap Fritz.

Pendidikan dan pelatihan saksi Parpol oleh Bawaslu tersebut, dikatakan Fritz, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas para saksi agar dapat mengawal pemilu dengan benar. Saksi, menurutnya, memegang peranan sangat penting sehingga diperlukan saksi yang benar-benar memahami tugasnya.

“Selama ini tidak diketahui dengan jelas, apakah parpol telah memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para saksinya,” tambahnya.


Penulis: L. Fauzan Hadi
​Foto: Habibi
Dipublikasikan › 27-10-2017 | Dibaca › 82 kali

Komentar