Integritas Itu Nyawanya Pengawas Pemilu

LOMBOK TIMUR, Bawaslu NTB—Integritas adalah nyawanya Pengawas Pemilu. Wajib dimiliki pengawas pemilu untuk menegakkan keadilan dalam pemilu. Tanpa integritas, mustahil tercapai pemilu yang berkualitas.

Penegasan tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Barat Itratip dalam acara pelantikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Lombok Timur di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Selong,  Kamis (02/11/2017).

Menurut Itratip, dengan memiliki integritas, nama baik Panwas akan terjaga. Jika ada anggota Panwascam yang merusak nama baik Pengawas Pemilu, katanya, akan segera ditindaklanjuti agar tidak ada virus yang menyebar ke pengawas pemilu lain yang memiliki integritas.

Dia juga mengingatkan agar Panwascam menjaga netralitas dan independensinya. Tidak mengorbankan profesionalisme karena adanya hubungan emosional tertentu dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

“Tidak ada toleransi bagi Panwascam yang berselingkuh, bersekongkol atau berkonspirasi dengan peserta Pemilu atau kelompok-kelompok yang berkepentingan terhadap hasil pemilu,” papar Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu NTB tersebut.

Dia meminta kepada siapa pun yang menemukan adanya anggota Panwascam yang terbukti melakukan hal tersebut untuk segera melaporkannya kepada Panwaslu Kabupaten/Kota atau ke Bawaslu Provinsi. Tentunya, laporan harus disertai bukti yang memadai.

Selain itu Itratip juga meminta kepada Panwascam untuk memperkuat koordinasi dan memperbanyak konsultasi.

“Kalau teman-teman (Panwaslu Kecamatan—red.) ada temuan, misalnya, jangan langsung di-upload (ke media sosial—red.), tapi harus dikoordinasikan secara internal dan konsultasikan ke Panwaskab,” terangnya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Bupati Lombok Timur (diwakili Asisten I), Kajari Selong, KPUD Lombok Timur, Dandim 1615, Kapolres Lombok Timur, Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur, dan unsur lainnya.

Pentingnya integritas, netralitas dan independsi, soliditas dan koordinasi juga disampaikannya dalam acara pelantikan Panwaslu Kecamatan sebelumnya di Kabupaten Sumbawa Barat (30/10), Kabupaten Bima (31/10), dan Kabupaten Lombok Barat (1/11). ***


Penulis: L. Fauzan Hadi‚Äč
Foto: L. Bonar Hadi
 
Dipublikasikan › 24-11-2017 | Dibaca › 74 kali

Komentar