Ketua Bawaslu NTB: Mari, Nongkrong di Bawaslu

MATARAM, Bawaslu NTB—Pojok Pengawasan Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diresmikan oleh Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, kemarin, Selasa (24/10/2017). Pojok Pengawasan merupakan bagian dari program pengawasan partisipatif yang digagas Bawaslu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita bersama Ketua Bawaslu Provinsi NTB Muhammad Khuwailid dan Anggota Bawaslu Provinsi NTB Umar Achmad Seth, Selasa (24/10).

Fritz menjelaskan Pojok Pengawasan adalah salah satu pendekatan kepada stakeholders dan masyarakat untuk memberikan pemahaman kepemiluan. Pojok Pengawasan, lanjutnya, menjadi pusat informasi tentang pengawasan pemilu dan kepemiluan secara umum.

“Harapannya, kehadiran pojok pengawasan ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengwasan pemilu,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua Bawaslu NTB Muhammad Khuwailid dalam kesempatan yang sama.

“Mari, adik-adik pelajar, nongkronglah di Bawaslu. Di pojok pengawasan tersedia informasi-informasi seputar pengawasan pemilu yang dapat diakses. Bisa duduk-duduk santai sambil ngopi, bisa membaca dan berdiskusi tentang kepemiluan,” himbau Khuwailid berulang-ulang.

Pojok pengawasan ini diresmikan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi NTB dan tiga kabupaten/kota yaitu Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, dan Kota Bima yang akan diselenggarakan 2018 nanti, serta Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019.

Kegiatan Launching Pojok Pengawasan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat Pada Pilkada Serentak 2018, yang diselenggarakan di Kantor Bawaslu Provinsi NTB. Acara tersebut dihadiri sekitar 120-an orang peserta yang terdiri dari unsur OKP, Ormas, Mahasiswa, Pemilih Pemula (Pelajar), Kepolisian, Partai Politik, dan unsur SKPD Provinsi NTB. *** [Bawaslu NTB].


Penulis: L. Fauzan Hadi
Foto: Habibi
Dipublikasikan › 26-10-2017 | Dibaca › 155 kali

Komentar