Pentingnya peranan media dalam pengawasan Pemilu serentak se-NTB 2018

Mataram. Bawaslu NTB. Jelang pesta Demokrasi pemilihan Umum kepala daerah (Pilkada) Bupati,walikota dan gubernur 2018. Dibutuhkan peran serta semua pihak guna mensukseskan  gelaran Pesta Demokrasi tahunan tersebut.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam Diskusi Santai bersama belasan awak media cetak maupun elektronik di  Ruang Rapat Kantor Bawaslu NTB  pada (3/01/18).

Muhammad Khuwailid, S.Ag.,MH mengatakan, NTB termasuk daerah yang masuk dalam indeks kerawanan pemilihan umum. Hal ini yang menjadi perhatian Bawaslu NTB menghadapi kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak se-NTB pada tahun ini.

Pada pilkada serentak se-NTB  2018 ini, NTB akan menggelar empat Pilkada yakni Pilgub NTB, Pilbup Lombok Barat, dan Lombok Timur, serta Pilwali Bima.

Terkait Pentingnya Peranan media dalam pengawasan pemilu. Ittarip,ST.,MT Komisioner Bidang organisasi & SDM  mengatakan," peran media sangat penting yaitu sebagai penyambung,media sebagai agen pengintai yang bersifat netral,artinya bekerja untuk kepentingan bersama dan untuk semua lapisan, tugas bawaslu dan media itu sama dalam konteks ini yaitu, sama- sama mengawasi gerak pilkada.

Peran media juga sangat penting dalam pengawasan partisipatif demi kelangsungan Pilkada yang berkualitas dan berintegritas. Untuk mengawasi Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) ini, dengan keterbatasan tenaga dan staf maka meminta pada pihak media untuk mengawasi jalannya Pilkada. 

Harapan kami dengan  media ini bisa bersinergi dengan pemberitaan, termasuk juga memberikan kami informasi terkait pelanggaran- pelanggaran tahapan pilkada ini. 

"Peran media  juga sangat diperlukan untuk mensukseskan pemilu dan mudahan hubungan Bawaslu dan media terus berjalan dengan baik," Mari bersama-sama mengawal Pilkada 2018. Karena Pilkada bukan hanya milik penyelenggara tapi milik kita semua", ucapnnya

Penulis/photo: lalu Bonar

Dipublikasikan › 08-01-2018 | Dibaca › 286 kali

Komentar